5 Manfaat Aktif Mengikuti Event dan Kompetisi Antar Mahasiswa

Sebagai mahasiswa yang aktif dan suka tantangan pasti tak asing lagi dengan lomba karya tulis ilmiah, call for paper, Business Plan, Business Case, Debate Championship, dsb.  Hampir pada setiap bulan bahkan minggu ataupun hari, event semacam ini membanjiri time line, news feed, atau grup-grup What Apps kita. Benar saja, program-program itu cukup memotivasi dan membangkitkan semangat kita berkompetisi. Kegiatan semacam ini tak dirasa membawa manfaat energi positif bagi kita sebagai mahasiswa. Energi positif dari event-event seperti ini, alangkah baiknya jika kita niatkan juga untuk belajar agar eksistensi kita lebih bermanfaat untuk orang-orang disekitar kita. Karena orang yang paling baik adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. 

Untuk kepentingan saling berbagi ilmu beberapa manfaatnya bisa diuraikan sebagai berikut: (1) dengan ikut dalam event-event itu kita dapat mengukur kemampuan kita. Kira-kira tulisan kita seberapa bagus dibandingkan dengan tulisan orang lain dalam level nasional maupun internasional, (2) keikutsertaan kita dalam event tadi akan menambah pengalaman kita dalam menulis sebuah karya, dan jika beruntung dan lolos kita akan dapat lebih banyak pengalaman untuk mempresentasikan ide kita kepada orang lain, bertemu banyak teman baru dari berbagai kampus, serta berkunjung ke kota yang belum pernah kita kunjungi dan tentunya semua pengalaman itu kita dapatkan dengan totally free (karena jika menjadi delegasi kampus, biasanya biaya akan ditanggung oleh kampus), (3) kamu bisa menjadikan keikutsertaan kompetisi semacam ini sebagai sarana untuk lebih dekat dengan dosen pembimbing. Dengan meminta pendapat dan koreksian dosen tentang karya tulis yang kita buat. Tentunya dosen juga akan merasa senang jika ada mahasiswanya yang aktif berkonsultasi terutama dalam masalah akademik. (4) jika kamu beruntung dapat lolos syukur menjadi juara, maka pengalaman ini akan menambah kredit poinmu untuk menambah poin dalam angka prestasi di kampus ataupun untuk dicantumkan dalam CV dan resume tentang dirimu di seperti contohnya pada linked-in.  (5) dalam hal jika kita lolos dan juara maka kita akan menjadi kebanggaan banyak orang, karena sebenarnya diri kita bukan hanya mewakili diri kita sendiri namun kita juga membawa nama prodi, kampus, organisasi, teman-teman, dan tentunya keluarga dan saudara-saudara kita. Itulah beberapa manfaat jika kita aktif ikut dalam event dan kompetisi antar mahasiswa.

Untuk dapat menjadi pribadi yang membawa manfaat bagi orang lain, kita perlu berusaha membekali diri kita dengan ilmu dan pengalaman. Sembari belajar materi dalam bangku perkuliahan kita juga perlu memiliki pengalaman dan kemampuan untuk bersosialisasi dan menyusun strategi supaya dapat memenangkan perlombaan atau kompetisi. Karena pepatah mengatakan kebenaran dengan tanpa perencanaan akan kalah dengan  kejelekan dengan perencanaan.

Mari kita saling berbenah diri serta saling sharing dan mengingatkan kepada kebaikan, lepaskankanlah dulu perbedaan pendapat, suku, ras, dan agama. Dengan demikian pemuda bangsa akan dapat fokus terhadap perkembangan dirinya dan kemudian akan bermanfaat juga untuk perkembangan negerinya Indonesia.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku (Rindu Tere Liye)

Musyawarah Besar dan Pelantikan Pengurus Hima Manajemen UNIDA Gontor 2016-2017